Saturday, 5 July 2014

Ternyata, Trofi Piala Dunia Ini Terbuat dari Tembikar yang harganya cuma Rp 36.000

Desa Bat Trang di Vietnam sudah lama tersohor sebagai sentra tembikar. Desa itu pun telah bertahun-tahun menjadi salah satu destinasi wisata favorit. Letaknya cuma 13 kilometer dari ibu kota Vietnam, Hanoi, tulis Bangkok Post pada Jumat (4/7/2014).

Kini, selain dengan ciri khas barang-barang peralatan dapur dan penghias tanaman dari tanah lempung tersebut, Bat Trang juga meriah dengan trofi-trofi Piala Dunia. Tinggi trofi tersebut persis sama dengan yang asli, 36 cm, meski bobotnya jauh lebih ringan.

Tak cuma itu, trofi Piala Dunia di Bat Trang juga berkilau warna emas, tetapi tak terbuat dari emas 18 karat sebagaimana aslinya. Harga satuannya cuma 3 dollar AS atau setara 97 baht, atau sekitar Rp 36.000.

Adalah perajin asal Bat Trang Vuong Hong Nhat yang punya ide brilian membuat trofi tersebut. Awalnya, dia hanya membuat untuk keluarga dan kawan-kawannya sejak setahun silam.

Rupanya, ide Hong Nhat makin berkembang. Sejak awal tahun ini, dia menjual produknya ke khalayak. Jadilah ia kemudian kebanjiran pesanan. Singkat cerita, 44 keluarga perajin di Bat Trang beralih memproduksi trofi-trofi tersebut. "Lucu kan. Anda bisa menempatkan trofi itu di jendela atau di meja," tuturnya.

Rerata, Vuong Hong Nhat tiap hari bisa memproduksi 50 trofi. Menariknya, semua produk itu ludes dibeli orang. Meski tim nasional Vietnam belum mampu menyentuh Piala Dunia, rakyat Vietnam sudah bisa memegang trofi Piala Dunia.

Sumber: kompas.com

No comments:

Post a Comment