Monday, 23 June 2014

Kamerun 1 - 4 Brasil

Brasil terbukti masih terlalu tangguh buat Kamerun. Dalam laga matchday ketiga fase grup Piala Dunia 2014 di Estadio Nacional De Brasilia, Brasilia, Selasa (24/6) dinihari WIB, Brasil membukukan kemenangan 4-1.
Hasil tersebut membuat Brasil memuncaki klasemen Grup A dan melangkah ke-16 besar sebagai juara grup.
Dengan demikian, Brasil akan kembali bertemu dengan Cili di fase gugur pertama. Secara statistik, Brasil mencatat tiga kemenangan dari tiga pertemuan melawan Cili di fase yang sama di Piala Dunia edisi sebelumnya.
Sementara Kamerun harus puas berada di dasar klasemen dengan gagal meraih satu pun angka.
Babak I
Sejak dimulainya pertandingan, skuat asuhan Luiz Felipe Scolari langsung bermain menekan. Peluang pun tercipta di menit ketiga, yang sayangnya gagal dimaksimalkan dengan baik oleh Fred mau pun Luiz Gustavo.
Kamerun tak ingin berdiam di daerah sendiri. Bedimo bahkan sempat mengancam lewat tendangannya, meski bisa berhasil diblok Marcelo di menit sembilan.
Tim asal Afrika itu menciptakan sejumlah peluang lain, namun Brasil yang terlebih dulu mencetak gol untuk memimpin pertandingan.
Di menit 17, Luiz Gustavo melepas crossing mendatar dari sayap kiri, bola yang mengarah ke tengah kotak penalti langsung diteruskan Neymar melalui sontekan akurat ke pojok kanan gawang.
Tak berhenti sampai disitu, Striker Barcelona itu hampir saja mencetak gol lagi! Sayang, tembakan kerasnya dari depan kotak penalti masih mampu diblok Carles Itandje.
Kamerun berusaha membalas dan upaya mereka menuai hasil di menit 26. Allan Nyom berhasil menaklukkan Alves di sayap kiri sebelum melepas crossing ke muka gawang. Joel Matip yang tanpa kawalan sukses meneruskan bola ke jala Brasil dengan sontekannya.
Kamerun mengancam lagi lewat tandukan Choupo-Moting, tapi Neymar yang akhirnya bisa membuat Brasilia kembali bergemuruh lewat tendangannya di menit 34.
Memimpin 2-1 membuat pemain Brasil semakin bersemangat mengurung Kamerun di daerah mereka sendiri. Tim lawan hanya mendapatkan beberapa kesempatan lewat serangan balik, namun gagal. Skor 2-1 pun bertahan hingga turun minum.
Babak II
Brasil langsung menekan dan dua kali memberikan ancaman ke gawang Kamerun. Namun gol baru tercipta di menit 49 setelah umpan silang David Luiz bisa dituntaskan dengan tandukan Fred. Skor berubah 3-1 untuk keunggulan Brasil.
Unggul cukup jauh, Brasil bermain lebih tenang. Sementara Kamerun memanfaatkan momen tersebut untuk bermain lebih terbuka.
Di menit 65, salah satu pemain Kamerun melepas tendangan keras dari luar kotak penalti, tapi arahnya masih kurang tepat sasaran.
Pergantian pelatih kemudian dilakukan kedua pelatih, seperti masuknya Ramires menggantikan Hulk dan Willian menempati pos Neymar. Kamerun juga tak ketinggalan memasukan pemain yang lebih bugar.
Memasuki sepuluh menit terakhir laga, Brasil harus kehilangan Luiz Gustavo karena cedera. Alhasil, Brasil harus bermain sepuluh pemain di sisa pertandingan karena tiga pergantian sudah dilakukan.
Tapi itu tak menghalangi Brasil menambah gol mereka. Di menit 84, Fernandinho berhasil menyontek bola ke gawang Kamerun setelah sebelumnya terjadi kerja sama apik antara Oscar dan Willian.
Wasit memberikan tambahan waktu empat menit dan Willian langsung mengancam dengan tendangannya di menit 90. Bola masih dengan mudah ditangkap Itandje.
Wasit Jonas Eriksson akhirnya meniup tanda berakhirnya pertandingan dan Brasil memenangi laga tersebut dengan skor 4-1.

Sumber: goal.com

No comments:

Post a Comment